Shafiq Ungkap Rencana Militer Untuk Gulingkan Al Sisi

Shafiq

Sebuah surat kabar Mesir Mesir mengungkapkan bahwa Shafiq sekarang mendukung Jenderal Sami Annan, mantan Kepala Staf Ahmad Shafiq. Mantan calon presiden Mesir itu yang telah mengungkap rincian kelompok kontra-revolusi bahwa pemerintah Mesir telah merencanakan melawan revolusi Januari. Shafiq muncul kembali setelah menghilang dengan mencurigakan dengan membawa  ‘bom’ yang bisa menggagalkan rencana para pendukung kudeta itu .

Koran Mesir Al Youm 7 memberitakan Shafiq saat ini  mendukung Jenderal Sami Annan, mantan kepala staf kepresidenan.
Tidaklah aneh jika Shafiq mendukung Annan, keduanya berasal dari generasi militer yang sama namun yang mengejutkan adalah mundurnya Shafiq untuk mendukung pencalonan Jenderal Abdel Fattah al-Sisi sebagai presiden.

Pergeseran Shafiq ini mengungkapkan kemungkinan rencana militer untuk menyusun ulang peran dalam pembangunan militer. Dukungan Shafiq bagi Annan menunjukkan taruhan militer pada pencalonan al Sisi sebagai calon presiden mungkin telah bergeser ke Annan sebagai penggantinya.

Dukungan Shafiq, seorang tokoh yang populer di kalangan sisa-sisa rezim Mubarak, terhadap pencalonan Annan menunjukkan bahwa Annan mungkin bisa menjadi calon baru yang disukai oleh rezim militer dan mantan rezim Mubarak itu.

Dalam beberapa hari kedepan akan terungkap validitas kemungkinan ini, terutama cara media memberitakan hal ini dan cara yang dilakukannya terhadap Annan, yang sebelumnya dikritik tajam karena menerbitkan bagian dari memoarnya dan mengusulkan dirinya sebagai seorang calon kuat melawan al Sisi.

Jika media Mesir mulai mengabaikan Annan, hal ini akan menunjukkan konsensus antara rezim dan militer, untuk menggantikan al Sisi dengan Annan. Jika media meningkatkan serangannya terhadap dia, hal ini merupakan sinyal perbedaan yang mendalam antara para pemimpin kudeta terhadap al Sisi dan pencalonan Annan. Kedua hal ini menunjukkan bahwa jalan al Sisi menjadi presiden Mesir tidak semulus yang dia harapkan. (rz/middleeastmonitor.com)

Print Friendly

Add This! Digg Google Yahoo! MyWeb reddit StumbleUpon Technorati

Baca juga :

  1. Kamal Al-Helbawi: Ikhwan Bersekongkol dengan Dewan Militer untuk Calon Presiden
  2. Sumber: Militer AS Tetap Berkomunikasi Dengan Sisi, Dan Tidak Berbicara Dengan Ikhwanul
  3. The Washington Post : Pemerintah Rezim as Sisi Gagal !
  4. The New York Times: Ternyata Sisi Lebih “Israel” Dari Rezim Sebelumnya
  5. Koran Israel Ungkap Dokumen Instruksi Militer untuk Serang Tim Medis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s