HTI: Kedubes AS Pusat Intelijen, Menhan Purnomo Antek Amerika

Tolak Kedubes AS

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro terus berupaya membina hubungan dekat dengan Amerika Serikat.  “Persahabatan” itu terus dipelihara salah satunya dengan menyatakan Kemenhan tidak mengetahui bahwa Kedutaan Besar AS di Jakarta sebagai pusat intelijen dan penyadapan.
Pernyataan keras itu disampaikan Ketua DPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Farid Wajdi, (31/10), menanggapi sinyalemen Kedubes AS di Jakarta sebagai pusat intelijen dan penyadapan.
Menurut Farid, ada tiga hal yang perlu dicermati terkait penyangkalan Kemenhan soal penyadapan Kedubes AS Jakarta. “Pertama, mungkin Kemenhan tidak peduli dengan pertahanan Indonesia dari penyadapan AS,” tegas Farid Wajdi.
Kedua, lanjut Farid, Kemenhan dalam hal ini Menhan Purnomo pura-pura tidak tahu. “Menhan pura-pura tidak tahu, padahal sudah diungkap di media. Ini menunjukkan Pemerintah Indonesia menjadi boneka AS,” ungkap Farid.
Ketiga, tegas Farid, Kemenhan berusaha menutupi isu penyadapan itu. “Sangat tidak logis, Jerman saja disadap apalagi Indonesia. Pemerintah ingin menutupi saja,” kata Farid.
Farid Wajdi juga menegaskan bahwa Menhan Purnomo tidak waspada dan respek dengan adanya   pembangunan dan perluasan Kedubes AS di Jakarta. “HTI sudah berkali-kali mengingatkan, bahwa  Kedubes AS itu menjadi pusat intelijen, termasuk menyadap pemerintah Indonesia,” pungkas Farid.
Diberitakan sebelumnya, Kemenhan, menyatakan tidak mengetahui adanya fasilitas penyadapan di Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta. Alasannya, Kemenhan tidak mempunyai fasilitas untuk mengetahui alat sadap tersebut.
Keterangan itu disampaikan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Brigjen Sisriadi Iskandar. Menurut Sisriadi, masalah cyber security terkait penyadapan menjadi kewenangan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Sebelumnya, surat kabar harian Sydney Morning Herald edisi 29 Oktober 2013 merilis tulisan terkait keberadaan fasilitas penyadapan di Kedubes AS, Jakarta.[itoday/fm/vm.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s