Gedung Putih Perintahkan Pemerintahan Amerika Ditutup

Obama
Direktur  anggaran Gedung Putih telah memerintahkan badan-badan federal untuk mulai ditutup setelah Senat dan DPR gagal mencapai kesepakatan mengenai rencana anggaran untuk mencegah penutupan pemerintahan AS.
“Badan-badan federal sekarang harus melaksanakan rencana untuk menutup diri secara teratur karena tidak adanya alokasi anggaran,” kata Sylvia Mathews Burwell, direktur Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih dalam sebuah memo.
Perintah penutupan dikeluarkan 10 menit sebelum pemerintah AS resmi menyatakan diri kehabisan uang.
“Kami mendesak Kongres untuk bertindak cepat untuk melewati sebuah Resolusi Lanjutan untuk menyediakan penunjang yang memastikan waktu yang cukup untuk meloloskan anggaran untuk sisa tahun fiskal dan untuk mengembalikan pengoperasian layanan publik yang penting serta program yang akan terkena dampak tidak adanya alokasi anggaran,” ujar Burwell.
Batas waktu tengah malam berlalu tanpa kesepakatan antara dua kelompok yang bertikai di Kongres meskipun adanya banding 11 jam yang dilakukan oleh Presiden Barack Obama.
Ini adalah penutupan parsial pertama pemerintah AS dalam 17 tahun. Pemerintah Amerika pernah menutup kegiatan pemerintahannya pada tahun 1996 di bawah pemerintahan Bill Clinton dengan alasan yang sama dan berlangsung selama 3 minggu.
Lebih dari 700.000 pekerja pemerintah sekarang harus dirumahkan sementara tanpa jaminan dibayar ketika pemerintah dibuka kembali.
Pemerintah AS menuju penutupan terkait adanya upaya kubu Republik menghentikan reformasi kesehatan Presiden Barack Obama dan  setelah Demokrat dan Republik gagal menyelesaikan perbedaan mendalam di antara mereka.
Analis memperingatkan bahwa ekonomi AS akan serius hancur jika penutupan pemerintahan berlangsung selama lebih dari beberapa hari.
Saham AS pada Senin kemarin (30/9/2013) turun tajam di tengah kekhawatiran kebuntuan politik.[fq/islampos/prtv/alarabiya]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s