Laporan IHS Jane’s: Kelompok Perlawanan Suriah Menginginkan Khilafah

Image

Studi baru oleh IHS Jane’s, sebuah konsultan pertahanan, menyatakan  kelompok perlawanan yang didominasi kelompok-kelompok Islam yang menginginkan Khilafah. Inilah yang membuat Barat tidak sungguh-sungguh melangserkan rezim Basyar Assad.
 
Kelompok perlawanan yang didominasi oleh pejuang Islam, membuat menimbulkan ketakutan Barat akan jatuhnya senjata-senjata strategis ke tangan mereka.
 
Dalam laporan Lembaga konsultan pertahanan itu seperti yang dilansir www.telegraph.do.uk (15/9), disebutkan ketakutan bahwa perlawanan  terhadap rezim Assad akan semakin didominasi oleh kelompok Islam yang mereka tuding ekstrimis.
 
Hal ini memicu keprihatinan di Barat atas pasokan persenjataan yang akan jatuh ke kelompok Islam yang mereka sebut musuh. Ketakutan ini memberikan kontribusi atas kegelisahan AS dan di negara-negara lain atas intervensi militer di Suriah.
 
Laporan itu juga mengungkap hampir dari setengah dari kelompok pejuang Suriah saat ini bersekutu dengan kelompok-kelompok Islam  yang oleh Barat disebut garis keras atau kelompok jihadis.
 
Charles Lister, penulis analisa itu, mengatakan: “pemberontakan ini sekarang didominasi oleh kelompok-kelompok yang memiliki setidaknya sudut pandang Islam atas konflik ini. Gagasan bahwa sebagian besar kelompok-kelompok pemberontak adalah kelompok-kelompok sekuler oposisi utama adalah tidak terbukti.”
 
Penelitian ini didasarkan pada perkiraan intelijen dan wawancara dengan para aktivis dan pejuang. ” Karena kelompok Islam membentuk sebagian besar kelompok oposisi, ketakutan yang ada adalah bahwa jika Barat tidak memainkan kartunya dengan benar, hal ini akan berakhir dengan mendorong orang-orang itu untuk menjauh dari orang-orang yang kita dukung, ” katanya.
 
Lister menambahkan tujuan dari para pejuang moderat itu adalah untuk menggulingkan diktator otoriter, namun kelompok-kelompok jihad itu ingin merubah Suriah menjadi negara Islam yang ada di dalam “Khilafah Islam”.[rz/hti/visimuslim.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s